7 Tips Kerja Produktif di Rumah

Kerja Produktif di Rumah – Diawal tahun 2023 ini banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakukan atau dikerjakan di rumah, atau istilahnya adalah Work From Home

Sejak terjadi pandemi Covid diakhir tahun 2019, banyak pekerja yang di PHK dari perusahaannya, ataupun diberlakukan Work From Home untuk mengurangi penyebaran virus.

7 tips kerja produktif di rumah 64dc5e025f7cf

Apa itu kerja efektif ?

Kerja efektif adalah proses mencapai tujuan atau melakukan tugas dengan cara yang efisien dan efektif. Ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pekerjaan untuk mencapai hasil yang optimal.

Kerja efektif juga mencakup kemampuan untuk mengelola waktu, sumber daya, dan teknologi dengan baik, serta mampu mengatasi kendala dan masalah yang mungkin muncul. Hal ini juga melibatkan keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan kerja dalam tim, dan keterbukaan dalam belajar dan mengembangkan diri.

Apa itu kerja efektif di rumah ?

Kerja efektif di rumah adalah proses mencapai tujuan atau melakukan tugas dengan cara yang efisien dan efektif ketika bekerja dari rumah. Hal ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pekerjaan untuk mencapai hasil yang optimal dalam lingkungan kerja yang berbeda dari kantor. Ini juga mencakup kemampuan untuk mengelola waktu, sumber daya, dan teknologi dengan baik, serta mampu mengatasi kendala dan masalah yang mungkin muncul. Hal ini juga melibatkan keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan kerja dalam tim, dan keterbukaan dalam belajar dan mengembangkan diri dalam lingkungan yang berbeda.

Baca Juga : Ini Tips Agar Kamu Lulus Interview Kerja

Tips Kerja Produktif di Rumah

Nah, dari kejadian 3 tahun yang lalu, kita banyak belajar bahwa kerja produktif di rumah dapat dilakukan jika Anda mengerti caranya. Berikut 7 Tips Kerja Produktif di Rumah yang dapat Anda lakukan :

  1. Ciptakan ruang kerja khusus: Memiliki area khusus untuk bekerja dapat membantu Anda secara mental memisahkan pekerjaan dari kehidupan rumah tangga dan membuatnya lebih mudah untuk fokus.
  2. Tetapkan jadwal: Rencanakan jam kerja Anda dan patuhi sebanyak mungkin. Ini dapat membantu Anda tetap pada tugas dan menghindari gangguan.
  3. Beristirahat: Penting untuk beristirahat sepanjang hari untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Coba gunakan Teknik Pomodoro di mana Anda bekerja selama 25 menit dan istirahat 5 menit.
  4. Minimalkan gangguan: Cobalah untuk menghilangkan gangguan sebanyak mungkin. Ini bisa termasuk mematikan notifikasi di ponsel Anda, menutup tab yang tidak perlu di komputer Anda, dan memakai headphone peredam bising.
  5. Berkomunikasi dengan tim Anda: Komunikasi rutin dengan anggota tim Anda dapat membantu Anda tetap berada di jalur yang benar dan memastikan bahwa setiap orang memiliki pemahaman yang sama.
  6. Prioritaskan perawatan diri: Pastikan Anda merawat diri sendiri baik secara fisik maupun mental. Ini dapat mencakup hal-hal seperti olahraga, makan sehat, dan cukup tidur.
  7. Rayakan kemenangan kecil: Jangan lupa untuk merayakan pencapaian Anda, sekecil apa pun itu. Ini dapat membantu Anda tetap termotivasi dan berada di jalur yang benar.

Baca Juga : 5 Hal Penting Dalam Membuat CV yang Menarik